Terbaru

Cara Mengatasi Flashdisk, Memory dan Hardisk Selalu Minta Format

Cara Mengatasi Flashdisk, Memory dan Hardisk Selalu Minta Format. Cara Mudah Mengatasi Flashdisk, Memory dan Hardisk Minta Format Terus. "Jangan Panik" merupakan hal yang pertama harus Anda lakukan ketika Anda membuka Flashdisk/Memory Card muncul peringatan untuk memformat Flashdisk atau Memory Card. Ini tidak hanya dialami oleh Anda, Flashdisk yang minta format juga pernah dialami oleh beberapa orang termasuk juga Saya.

Pastinya sedikit banyak kepanikan akan ada dalam fikiran Anda, dan bahkan mungkin timbul pertanyaan-pertanyaan dalam benak Anda.
  1. Bagaimana jika nanti datanya hilang,
  2. Bagaimana jika flashdisk tidak bisa terbaca,
  3. Bagaimana menyelamatkan data dari flashdisk yang minta format, dll
Nah itulah alasannya kenapa Saya mencetak tebal kata Jangan Panik diatas, jika Anda sudah bisa tenang dalam menghadapi hal seperti ini, pasti akan ada cara untuk menyelamatkan data yang tersimpan dalam Flashdik atau Memory yang minta di format tadi, selama kerusakannya masih belum parah.

OK tanpa harus panjang lebar langsung saja Kita simak Cara Mudah Mengatasi Flashdisk, Memory dan Hardisk Minta Format Sendiri.

Menggunakan Command Prompt (CMD)

Cara pertama ini bisa Anda aplikasikan untuk mengatasi flashdisk, memory atau hardisk yang mengalami kerusakan sitem tidak terlalu parah, berikut adalah beberapa tahapannya.
  1. Silahkan buka Command Promt (tekan kombinasi tombol Windows + R) lalu ketikan cmd kemudian tekan enter.
  2. Selanjutnya adalah melihat posisi drive Anda yang bermasalah apakah ada di D, E atau F dst silahkan pastikan terlebih dahulu.
  3. Jika Anda sudah benar-benar yakin dengan posisi drive yang mengalami kerusakan, misalnya ada di drive D atau local disk D.
  4. Masuk ke drive yang rusak tadi melalui command prompt ketikkan di D: kemudian tekan enter, setelah itu ketikkan lagi chkdsk /f untuk menjalankan prosedur check sekaligus repair error yg terdeteksi pada saat checking disk, lalu tunggu hingga proses pengecekan selesai dan windows langsung me-repair apabila terdeteksi error pada flasdisk, memory atau harddisk.
  5. Jika saat menjalankan chkdsk /f pada command prompt muncul tulisan seperti berikut "Access Denied as you do not have sufficient previlages. You have to invoke this utility running in eleveted mode." itu berarti Anda tidak memiliki hak untuk menjalankan perintah tersebut, silahkan jalankan ulang command prompt dengan menggunakan akses Administrator, maka Anda tidak akan menemukan error itu lagi.
Check Disk Menggunakan Command Prompt

Menggunakan Error Checking (Windows Tool)

Cara yang kedua adalah menggunakan bantuan tool bawaan windows yang cukup ampuh yaitu Error Checking Windows Tool. Berikut adalah cara menggunakannya.
Silahkan buka Windows Explorer (tekan kombinasi tombol Windows + E) atau klik pada gambar folder di pojok kanan bawah layar monitor.
Selanjutnya adalah melihat posisi drive Anda yang bermasalah apakah ada di D, E atau F dst silahkan pastikan terlebih dahulu.
Jika Anda sudah benar-benar yakin dengan posisi drive yang mengalami kerusakan, misalnya ada di drive D atau local disk D.
Klik kanan pada drive yang rusak tadi kemudian pilih properties, maka akan muncul jendela properties.
roperties drive windows

Klik pada tab tool pada bagian atas windows yang muncul kemudian fokus pada bagian Error checking dan tekan tombol check yang ada disebelahnya.

Error checking windows

Selanjutnya ikuti petunjuknya untuk melakukan scanning error pada drive yang dipilih kemudian tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

Menggunakan Bantuan Software

Cara yang ketiga adalah menggunakan bantuan software, cara ini merupakan yang sering saya lakukan untuk mengatasi flashdik, memory atau hardisk yang minta diformat, karena menurut saya jika kerusakan pada perangkat sudah cukup parah, paling tidak data yang ada bisa diselamatkan terlebih dahulu, masalah nanti mau diformat atau tidak yang penting datanya sudah diselamatkan.

Jika Anda menggunakan cara ini ada beberapa kemungkinan yang akan didapatkan, yaitu :

File yang Anda cari bisa dikembalikan dengan utuh
File yang Anda cari bisa dikembalikan tapi dalam keaadaan rusak (corrupt)
File tidak bisa dikembalikan atau tidak ditemukan not recover.

Itu adalah beberapa keuntungan dan kelemahan menggunakan software, tapi lumayan jika file penting yang hilang dan bisa direcover kembali maka memformat flasdisk bukan perkara yang sulit, yang terpenting file sudah berhasil diselamatkan terlebih dahulu.

Untuk menggunakan bantuan software, Saya ada beberapa referensi diantaranya adalah ICare data Recovery Profesional, Get Data Back, Recuva dll. Jika Anda menggunakan bantuan software, cukup lakukan instalasi dan ikuti petunjuknya kemudian tunggu beberapa saat proses recover file yang ada pada flasdisk atau memory yang rusak tadi hingga selesai.

Penyebab Flashdisk, Memory dan Hardisk Eksternal minta Format

Anda juga harus tau penyebab Flashdik/Memory Card minta format terus menerus, pengetahuan ini berguna agar nantinya tidak terulang lagi kejadian yang serupa, jika Anda mengoperasikan komputer dengan cara yang baik dan benar maka Anda tidak akan mengalami masalah tersebut. Flashdisk, Memory Card dan Hardisk Eksternal yang minta format sendiri biasanya disebabkan oleh beberapa hal diantaranya adalah:

Media tidak di eject dengan benar, dengan kata lain jika menancapkan flashdisk atau memory card langsung asal cabut saja tanpa di matikan secara sistem terlebih dahulu.
Perangkat komputer yang tiba-tiba mati mendadak juga bisa menjadi penyebab kerusakan hardwarenya.
Perangkat mengalami kerusakan secara sistem. (hal ini bisa dikarenakan perangkat pernah terjatuh, terendam air atau hal lain yang bisa membuat perangkat mengalami hal tersebut.)
Tips menjaga agar Flasdisk tetap awet

Berikut adalah beberapa tips menjaga flashdisk agar tetap awet dan bisa tahan lama.

Eject atau stop untuk mematikan flashdisk terlebih dulu sebelum kita cabut
Jika Anda seorang pemula, sangat dianjurkan untuk membaca panduan komputer untuk pemula terlebih dahulu.
Simpanlah flahdisk kita di tempat yang bersih dan tertutup dengan baik agar komponen tidak kotor dan berkarat.
Selalu backup data dari flashdisk ke dalam komputer yang dilindungi anti virus agar keamanan data terjamin.
Setelah kita gunakan di komputer lain scan dengan antivirus agar aman dari virus yang terbawa.
Hindari memukul-mukulkan dan menjatuhkan flashdisk agar komponen di dalamnya tidak rusak.
Dianjurkan tidak mengedit file yang ada di flash disk secara langsung, sebaiknya kopi dan editlah dalam hard disk, baru anda simpan kembali kedalam flashdisk setelah selesai.
Jangan terlalu sering format flash disk karena dapat rusak dan mengurangi jumlah batasan hapus tulis.
Jika ada waktu lakukan defragment flash disk anda agar kinerja flashdisk lebih optimal.
Jagalah agar tutup flashdisk Anda tidak hilang, berilah tali atau belilah flashdisk yang tutupnya terjamin keamanannya. Sebab hilangnya tutup flashdisk dapat menyebabkan debu mengotori konektor yang ada didalamnya.

Semoga tips diatas dapat memberikan inspirasi bagi rekan-rekan untuk menjaga agar flashdisk, memory dan hardisk Anda tetap awet dan tidak mengalami kerusakan seperti minta format dan lain sebagainya.

Terima kasih telah berkunjung di Blog Sistem Komputer. Kami selalu setia memberikan informasi seputar tutorial tutorial komputer, baik perangkat keras kommputer maupun perangkat lunak pada komputer. Jika anda menyukai artikel komputer yang berjudul :

Cara Mengatasi Flashdisk, Memory dan Hardisk Selalu Minta Format


anda bisa mengklik TOMBOL LIKE dan TOMBOL SHARE di bawah agar kami tetap semangat mengupdate Blog Sistem Komputer ini.

--- SEMOGA BERMANFAAT ---

1 Response to "Cara Mengatasi Flashdisk, Memory dan Hardisk Selalu Minta Format"